Saturday, June 16, 2012

Andrew Barisic: Indonesia Bisa Jadi Kekuatan Baru Asia

Andrew Barisic - Arema Indonesia IPL (GOAL.com/Antara)
Antara
Striker Arema Indonesia IPL kelahiran Canberra, Australia, Andrew Barisic, mengaku senang bisa bermain di Indonesia, khususnya di klub yang bermarkas di Kota Malang. Pengakuan tersebut disampaikannya kepada GOAL.com Indonesia, Sabtu (16/6).

"Terus terang, kesan saya bermain di Indonesia, terutama di Arema IPL merasa nyaman. Apalagi setelah lepas dari masalah di Persebaya. Saya merasakan segalanya lebih mudah. Saya berada di tim yang bagus, banyak meraih kemenangan. Semuanya berjalan sangat bagus," kata Andrew Barisic dengan santai.

Sayangnya, dia enggan menjelaskan secara rinci tentang masalahnya di Persebaya. Yang pasti, sebelum bergabung dengan Arema IPL di awal musim kompetisi putaran kedua Indonesia Premier League (IPL) 2011/12, striker kelahiran 22 Maret 1986 ini sempat memperkuat Persebaya Surabaya 1927.

Dia juga menjelaskan, sepakbola Indonesia punya potensi bagus untuk berkembang. Namun, dia merasakan ada persoalan yang menghambat persepakbolaan Indonesia selama ini. Yang ia rasakan terkait masalah politik yang sering mewarnai klub-klub sepakbola profesional di Indonesia ini.

Padahal, menurut dia, "potensi Indonesia luar biasa. Indonesia bisa menjadi kekuatan baru di Asia. Sayang, semua harus terhambat oleh kepentingan politik. Seharusnya itu distop. Jadi, hentikan campur tangan politik, harapnya.

Menyinggung soal peluang Arema IPL di Piala AFC 2012, Barisic yang memulai kariernya pada 2002 dengan ACTAS ini menilai masih ada harapan. Meski begitu, dia menilai bila wakil Arab Saudi Al Ittifaq yang bakal menjadi lawan tim Singo Edan merupakan tim tangguh.

"Saudi itu punya liga yang bagus. Mereka sanggup membeli pemain-pemain mahal. Tapi saya kira melawan Al Ittifaq dari Arab Saudi itu bakal menjadi pengalaman bagus buat pemain Arema IPL di event internasional. Arema pun masih punya peluang lolos ke semi-final," kata Barisic yang sempat memperkuat klub Canberra Deakin 2003 lalu itu dengan penuh optimistis.

Optimisme Barisic yang mantan pemain Melbourne Knights itu karena Arema IPL bermain di kandang terlebih dahulu.

"Soal peluang, kita bisa ambil kesempatan karena lebih dulu bermain di kandang. Kita akan maksimalkan peluang itu sebelum away ke kandang Al Ettifaq. Kita yakin, asal kebersamaan di dalam tim ini terjaga, Arema IPL bisa kalahkan siapa pun, tandasnya.

Barisic yang pernah memerkuat klub Jerman di Oberliga Nord, Arminia Hannover itu, mengatakan, peluang untuk meraih kemenangan kandang itu pun terbuka lebar. Alasannya, kondisi Arema IPL saat ini dinilai kondusif.

"Semua proses berjalan bagus, baik di manajemen maupun di dalam tim. Kita sudah buktikan, tim ini semakin baik dan prestasi meningkat," katanya.

Meski begitu, dia mengakui beberapa kegagalan yang dialami Arema IPL. Menurut dia, Arema Indonesia gagal di Piala Indonesia 2012 ini. Dia mengatakan, kegagalan itu terjadi karena pemain sangat kelelahan akibat jadwal pertandingan yang sangat padat.

Akibatnya, kata mantan pemain Melbourne Knights di Liga Utama Victoria ini, banyak pemain yang mengalami cedera.

"Kita tidak bisa terus menerus menang dalam kondisi fisik yg melemah. Tapi kegagalan di Piala Indonesia itu ada hikmahnya. Kita bisa lebih fokus pada IPL dan AFC Cup," pungkasnya. (gk-41)


Via: Andrew Barisic: Indonesia Bisa Jadi Kekuatan Baru Asia

No comments:

Post a Comment