Monday, October 15, 2012

Ketika Motegi Didominasi Rider Spanyol


Getty Images/Mirco Lazzari

Motegi - Seri Grand Prix sepeda motor di Motegi, Jepang, akhir pekan lalu seperti menjadi ajang unjuk gigi buat para pebalap asal Spanyol. Mereka menyapu bersih podium kelas MotoGP dan Moto2 sekaligus mengukir rekor-rekor baru.

Dalam balapan di kelas MotoGP, Minggu (14/10/2012), Dani Pedrosa (Repsol Honda) tampil sebagai pemenang setelah mengalahkan Jorge Lorenzo (Yamaha).

Di atas podium, kedua pebalap Spanyol itu ditemani satu rekan senegaranya yang lain, Alvaro Bautista, yang membalap untuk San Carlo Honda Gresini. Marca sendapuknya sebagai "treble" pertama dalam sejarah Spanyol di dalam Grand Prix balap motor level teratas.

Selain podium, balapan pada kesempatan itu juga memunculkan rekor baru di sirkuit Motegi pada kelas MotoGP, yang mana kembali dicetak oleh rider-rider Spanyol.

Di sesi kualifikasi, Lorenzo mengukir rekor baru fastest lap sekaligus best pole di sesi kualifikasi dengan 1 menit 44,969 detik, sedangkan Pedrosa menyabet rekor sirkuit dalam balapan dengan 1 menit 45,589 detik.

Sementara di kelas Moto2, tiga pebalap Spanyol juga sukses naik podium di akhir balapan; Marc Marquez (Catalunya Caixa Repsol), Pol Espargaro dan Esteve Rabat (Tuentil Movil HP 40).

Kemenangan Marquez dalam balapan itu sendiri diraih dengan luar biasa. Usai terkendala saat start dan praktis baru bisa melajukan motornya di posisi-posisi akhir, Marquez tetap mampu mengasapi satu per satu lawannya untuk kemudian finis di posisi pertama.

Seperti di kelas MotoGP, rekor baru sirkuit juga lahir dalam balapan Moto2 kali ini, dengan Espargaro menyapu bersih rekor fastest lap dan best pole di sesi kualifikasi, dan rekor sirkuit dalam balapan. Espargaro melengkapinya dengan satu rekor lain, yakni top speed, dengan 265,2 km per jam.


Via: Ketika Motegi Didominasi Rider Spanyol

No comments:

Post a Comment