Monday, October 29, 2012

'Rio Haryanto Berada dalam Trek yang Tepat'


(ist./Sinyo Haryanto)

Jakarta - Karier Rio Haryanto di GP2 baru berjalan semusim. Sang pebalap pun tak mau terburu-buru untuk memutuskan naik tingkat. Sejauh ini, pebalap berusia 19 tahun itu dinilai berada dalam trek yang tepat.

Rio finis di urutan 14 klasemen pebalap setelah mengumpulkan 38 poin sepanjang musim. Dalam perbincangannya dengan media di Jakarta beberapa waktu lalu, ia mengaku masih harus belajar, mengingat ini baru musim pertamanya di GP2.

Sementara dalam perbincangannya dengan detikSport di Singapura, September silam, Rio mengatakan bahwa melawan para pebalap yang sudah 2-3 tahun membalap di GP2 tidaklah mudah, namun puas dengan performanya secara keseluruhan. Ia juga mengungkapkan, berencana untuk membalap selama dua tahun di GP2.

"Overall sangat memuaskan. Tapi, ya, kita berencana dari awal dua tahun di sini (GP2). Jadi tahun pertama ini untuk pelajaran dan mudah-mudahan di tahun kedua bisa lebih kompetitif lagi, lebih bagus," katanya waktu itu.

Rio tak menutupi keinginannya untuk berlaga di F1. Niatnya itu didukung oleh pebalap Indonesia lainnya, Satrio Hermanto. Pebalap yang pernah membalap untuk Indonesia di A1GP itu menilai langkah Rio bergabung dengan Carlin adalah langka yang tepat. Namun, untuk membalap di F1, Satrio menyebut bahwa Rio butuh banyak dukungan.

"Saya kira Rio berada dalam trek yang tepat. Tapi, kalau buat ke F1, dia juga butuh dukungan. Termasuk dari sponsor," ujarnya ketika ditemui di kawasan Epicentrum, Jakarta, Senin (29/10/2012).

"Carlin tim yang sangat bagus di Inggris. Saya kira, untuk dapat perhatian dari tim-tim besar, dia punya peluang."

Rio juga telah dipastikan mendapatkan super-license atau SIM untuk membalap di F1 setelah melakoni tes di Silverstone beberapa waktu lalu. Pebalap kelahiran 22 Januari ini juga pernah mengatakan, ia tak menutup kemungkinan untuk menjadi pay driver untuk bisa membalap di F1.

"Kalau soal pay driver, itu pastinya tergantung yang mendukung saya. Saya pernah mendapatkan tawaran dari sponsor lain. Tapi, saya lebih memilih mendapatkan dukungan sponsor dari Indonesia," ucapnya kala itu.



Via: 'Rio Haryanto Berada dalam Trek yang Tepat'

No comments:

Post a Comment