Monday, October 29, 2012

WAWANCARA - Nil Maizar: Harus 100 Persen & Nol Kesalahan

Timnas Indonesia - Habil Marati & Nil Maizar (GOAL.com/Eric Noveanto)
GOAL.com/Eric Noveanto
GOAL.com Indonesia EKSKLUSIF
RIZAL MARAJO

Pelatih tim nasional IndonesiaNil Maizar optimis timnya akan mampu berbicara banyak di ajang Piala AFF 2012, November mendatang. Dua hal yang membuat dirinya optimis, selain sudah mengantongi kekuatan calon lawan, juga karena pemainnya menunjukkan spirit dan antusias yang tinggi menghadapi turnamen ini.

Pelatih berusia 42 ini menyebutkan, dia bersama tim teknik sudah mempelajari lawan di Grup B, yaitu Laos, Singapura, dan tuan rumah Malaysia. Walaupun optimis, Nil mengaku tak mau memandang remeh tim lawan, termasuk Laos.

"Laos, kata orang tim terlemah di grup ini, tapi bagi saya itu tak berlaku. Kita tetap harus waspada dan respek dengan mereka, seperti kepada lawan-lawan lainnya," ujar Nil dalam perbincangan dengan GOAL.com Indonesia, Senin (29/10) malam.

Untuk mengetahui kekuatan lawan, selain mempelajari lewat rekaman video, Nil juga mengutus asistennya mengamati langsung permainan calon lawan. Misalnya, Fabio Olivera diutus mengintip Singapura saat tim tetangga itu beruji coba melawan Hong Kong.

Sementara Malaysia yang disebut sebagai lawan terberat, Nil optimis bisa mengatasi tuan rumah. Kekuatan Malaysia diyakini tak berubah banyak dari tim yang memenangi Piala AFF 2010. Begitupun status tuan rumah Malaysia, tak akan terlalu berpengaruh bagi para pemainnya.

"Mereka dikalahkan Vietnam di kandang sendiri, sementara kita bisa menahan Vietnam di kandang mereka. Ini bisa jadi tambahan referensi buat kita, walau sebenarnya data itu tak terlalu berpengaruh," ujar Nil.

Soal timnya sendiri, Nil merasa senang karena selama beberapa kali uji coba, Elie Aiboy dkk menunjukkan progres permainan yang terus meningkat. Apalagi spirit dan semangat hendak memberikan permaianan terbaik untuk "Merah Putih" menjadi tambahan motivasi bagi para pemain.

Nil Maizar di Jerman
"Saya selalu menekankan pada pemain, semangat dan kesungguhan dalam berlatih adalah hal yang utama. Bagi saya, pemain harus menjadikan latihan ibaratnya pertandingan sesungguhnya. Harus 100 persen dan nol kesalahan," kata Nil.

Ditanya soal hasil pelatihan di Jerman tempo hari yang diaplikasikan pada timnya, Nil hanya menyesuaikan saja. Karena tidak fair juga memaksakan bulat-bulat apa yang didapat di sana kepada pemain, karena kondisinya sangat berbeda. Nil hanya fokus memaksimal proses latihan pada sisi transisi permainan. Dari menyerang ke bertahan, dan sebaliknya.

"Tapi pada prinsipnya, apa yang saya dapatkan di Jerman sudah didapat dalam pelatihan mendapatkan Lisensi A AFC yang lalu. Bedanya di Jerman pelatihan jauh lebih detail. Saya kira dengan kondisi kita saat ini, sekitar 75 persen sudah bisa diterapkan pada tim ini," ujar mantan pelatih Semen Padang ini. Nil Maizar di Jerman

Tanpa mau berkomentar soal belum bergabungnya beberapa pemain Semen Padang, Nil mengaku timnya sudah siap berbuat semaksimal mungkin di Piala AFF nanti, apapun kondisinya.

"Dengan kerja keras, ketulusan hati membela negara, dan berharap berkah dari Yang Maha Kuasa, mudah-mudahan kita akan akan mampu berbuat sesuatu yang berarti di AFF nantinya. Kita harus tetap optimis," kata pelatih yang low profile ini.

Sementara itu, satu persatu pemain "Garuda" sudah bergabung kembali usai menjalani libur selama empat hari. Di penginapan tim, Jusenny Hotel Jakarta, sebanyak 14 pemain sudah datang. Mereka akan memulai lagi sesi latihan pagi ini di Gelora Bung Karno.

Para pemain yang sudah muncul di antaranya Endra Prasetya, Syamsidar, Wahyu Tri Nugroho, Nopendi, Hamdi Ramdhan, Diego Michiels, Fachrudin, Valentino Telaubun, Elie Aiboy, Taufik, Rasyid Bakri, Irfan Bachdim, Samsul Arif, Rahmad Syamsudin, Cornelis Geddy. (gk-33)








Via: WAWANCARA - Nil Maizar: Harus 100 Persen & Nol Kesalahan

No comments:

Post a Comment