Wednesday, July 25, 2012

Dana Kurang, Mesir Pakai Apparel Palsu di Olimpiade


Raghd Magdy, atlet tenis meja dari Mesir (Getty Images)

London - Seperti atlet dari negara lain, kontingen dari Mesir terlihat menggunakan tas serta tracksuit berlogo 'swoosh' atau 'three stripes' di London. Diketahui, produk apparel yang mereka gunakan ternyata palsu.

Nike dan Adidas tak perlu repot-repot membongkar rahasia kalau perlengkapan yang digunakan kontingen Mesir adalah barang 'aspal' alias asli tapi palsu. Soalnya justru ketua kontingen Mesir sendiri yang mengungkapkan hal tersebut.

Menggunakan produk palsu diakui sengaja dilakukan, meski mereka juga terpaksa melakukannya. Dengan dana terbatas, karena krisis ekonomi yang menghantam Mesir, menggunakan produk palsu jadi pilihan yang harus diambil.

"Kami bekerjasama dengan distributor dari China karena kondisi ekonomi di Mesir," sahut Ketua Kontingen Mesir, Jenderal Mahmoud Ahmed Ali pada Associated Press melalui sambungan telepon.

Saat ditanya soal tuntutan yang mungkin diajukan dua perusahaan aparel raksasa tersebut, Mahmoud Ahmed Ali malah melemparkan tanggung jawab pada pihak distributor. Nike sendiri sudah mengeluarkan pernyataan soal kasus tersebut.

"Nike sepenuhnya memberi perhatian jika tuduhan ini benar, para atlet memakai produk yang tidak sesuai dengan standar kualitas Nike," demikian email yang dikirim perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Nike mengklaim kalau perwakilan mereka di Mesir sudah mencoba menghubungin Komite Olahraga Mesir beberapa pekan lalu, meski upaya tersebut tak membuahkan hasil.

Yomna Khallaf, atlet dari cabang renang sinkronisasi, sudah mengeluhkan produk palsu yang diberikan padanya. Merasa tak nyaman dengan perlengkapan renang yang disediakan, dia akhirnya harus merogoh sendiri dari kantongnya sebanyak US$ 300. Yomna Khallaf mengungkapkan kekecewaannya tersebut melalui akun Twitternya.

Disebutkan kalau tas untuk membawa perlengkapan olahraga atlet-atlet Mesir terpampang logo Nike dalam ukuran besar. Tapi lucunya, pada bagian retsleting justru terlihat logo Adidas.

"Hal ini membutuhkan banyak uang, terutama dengan tim yang terdiri dari 112 pemain. Selain itu kami juga harus menyertakan pelatih, manajemen tim dan tim doktor," lanjut Mahmoud Ahmed.



Via: Dana Kurang, Mesir Pakai Apparel Palsu di Olimpiade

No comments:

Post a Comment