Tuesday, July 17, 2012

Soal Crash, Maldonado dan Grosjean 'Juaranya'


Getty Images

Munich - Musim ini mengetengahkan persaingan ketat dalam hal pemenang balapan F1--dari sembilan balapan ada tujuh pemenang. Tetapi dalam urusan crash alias insiden kecelakaan atau tabrakan, Pastor Maldonado dan Romain Grosjean adalah yang terdepan.

Begitulah temuan yang dilaporkan media Jerman Auto Motor und Sport, yang menyebut Maldonado dan Grosjean sebagai kampiun crash di musim 2012--yang baru berjalan sembilan seri.

Publikasi tersebut mengalkulasikan bahwa Grosjean (Lotus F1), yang kini mengoleksi 61 poin dan duduk di posisi tujuh, sebenarnya bisa saja melampau Nico Rosberg (Mercedes GP) yang punya 75 poin, seandainya tidak sering crash.

"Secara keseluruhan Grosjean bisa mendapatkan lebih dari 18 poin dari yang ia miliki saat ini," kata jurnalis Michel Schmidt yang dikutip F1sa.

Grosjean sejauh ini di antaranya pernah mengalami insiden dengan Maldonado (Williams) di Melbourne, lalu bersinggungan dengan Michael Schumacher (Mercedes GP) di Malaysia, kemudian juga dengan Sergio Perez (Sauber F1)di Barcelona. Di lap pertama Monako dan Silverstone, ia pun mengalami crash.

Sementara Maldonado, yang kini mengoleksi 29 poin untuk duduk di posisi 10 klasemen, malah dicatat lebih nahas lagi. Pemenang di Catalunya itu ditaksir bisa mendapat 45 poin lebih banyak seandainya tampil lebih "bersih".

Beberapa crash yang melibatkan Maldonado di antaranya terjadi di Melbourne, lalu di Malaysia dengan rekan setimnya sendiri, Bruno Senna. Setelah itu Maldonado juga terlibat insiden dengan Pedro de la Rosa (HRT) di Monako, dengan Lewis Hamilton (McLaren) di Valencia, dan dengan Perez di Silverstone.

Akibat insidennya dengan Perez, Maldonado pun mendapatkan kritik pedas dari rivalnya itu. "Ia tidak memiliki rasa hormat kepada pebalap lain. Aku tidak tahu kenapa steward tidak mengambil tindakan terhadapnya," cetus Perez.

"Di lintasan kami mempertaruhkan nyawa dan jika mereka tidak melakukan sesuatu, ia (Maldonado) akan melukai seseorang," lanjut Perez ketika itu.





Via: Soal Crash, Maldonado dan Grosjean 'Juaranya'

No comments:

Post a Comment