Sunday, July 29, 2012

Tak Boleh Bawa Sponsor Pribadi di Olimpiade 2012, Atlet Protes


Dawn Harper (REUTERS)

London - Sejumlah atlet Amerika Serikat menyuarakan protes melalui situs jejaring sosial Twitter untuk menuntut perubahan peraturan yang membatasi atlet ambil bagian dalam iklan selama Olimpiade berlangsung.

Aturan yang dimaksud ialah aturan nomor 40 Piagam Olimpiade yang melarang para atlet muncul di iklan siapapun kecuali sponsor resmi turnamen.

Dengan adanya aturan tersebut maka sponsor individu atlet yang bukan sponsor resmi tidak diperkenankan mensponsori si atlet. Padahal si atlet tengah mendapat ekspos yang tinggi di event Olimpiade.

Sebanyak 11 perusahaan internasional menjadi sponsor resmi Olimpiade. Termasuk di antaranya Visa, McDonald's dan Coca-Cola yang menyuntikkan dana masing-masing 100 juta dolar AS dalam waktu empat tahun untuk menjadi sponsor resmi Olimpiade baik musim panas maupun musim dingin.

Peraturan itu sendiri ditujukan agar mencegah "ambush marketing" di mana perusahaan yang bukan sponsor resmi tidak mendapatkan publisitas secara gratis.

Dilansir Reuters, para atlet yang protes termasuk Dawn Harper, peraih emas cabang olahraga atletik dari nomor lari gawang 100 meter di Beijing 2008 silam.

"Saya merasa terhormat bisa berlaga di Olimpiade tapi kami menuntut perubahan aturan nomor 40," kicau Harper dalam akun Twitternya @DHarp100mH yang disertai foto bersama sekelompok atlet AS di sebuah ruang pertemuan.

Protes itu turut didukung oleh sejumlah atlet lainnya termasuk termasuk Sanya Richards-Ross, peraih dua emas di nomor lari 400 meter estafet di Olimpiade 2004 dan 2008.

Para atlet dan agen mereka sudah mendapatkan peringatan tersebut sebelum Olimpiade. Jika peraturan tersebut dilanggar maka mereka bisa dijatuhi sanksi termasuk bisa diskualifikasi.


Via: Tak Boleh Bawa Sponsor Pribadi di Olimpiade 2012, Atlet Protes

No comments:

Post a Comment