Monday, July 23, 2012

Ini Dia Hasil Undian Pebulutangkis Indonesia di Olimpiade


Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Reuters/Darren Staples)

London - Undian nomor tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran Olimpiade 2012 sudah dilakukan. Indonesia punya masing-masing satu wakil di empat nomor tersebut.

Di nomor tunggal putri, ada 46 pemain yang berkompetisi. Ke-46 pemain ini terbagi menjadi 16 grup dan masing-masing grup terdiri dari dua atau tiga pemain. Cuma juara grup saja yang akan lolos ke perdelapanfinal.

Wakil Indonesia, Adrianti Firdasari, tergabung di Grup O. Dia akan bersaing dengan Petya Nedelcheva (Bulgaria) dan Alesia Zaitsava (Belarusia).

Di atas kertas, Firda masih punya peluang untuk lolos dari grup ini. Namun, kalau lolos, dia kemungkinan besar akan bertemu lawan tangguh di babak selanjutnya. Dia hampir pasti akan berjumpa dengan unggulan kedua asal China, Wang Xin, yang menghuni Grup P bersama Rena Wang (Amerika Serikat).

Untuk nomor ganda, ada empat grup di mana masing-masing grup terdiri atas empat pasangan. Juara dan runner-up grup berhak atas satu tempat di babak perempatfinal.

Dari nomor ganda putra, Mohammad Ahsan/Bona Septano menghuni Grup B. Mereka akan bertemu dengan Ko Sung Hyun/Yoo Yeong Seong (Korea Selatan), Bodin Issara/Maneepong Jongjit (Thailand), dan Adam Cwalina/Michal Logosz (Polandia).

Kalau bisa lolos dari grup ini, Ahsan/Bona akan berhadapan dengan wakil dari Grup D, yang dihuni Chung Jae Sung/Lee Yong Dae (Korea Selatan), Howard Bach/Tony Gunawan (Amerika Serikat), Naoki Kawamae/Shoji Sato (Jepang), dan Koo Kien Keat/Tan Boon Heong (Malaysia).

Dari nomor ganda putri, Meiliana Jauhari/Greysia Polii ada di Grup C. Mereka satu grup dengan Ha Jung Eun/Kim Min Jung (Korea Selatan), Leanne Choo/Renuga Veeran (Australia), dan Michelle Edwards/Annari Viljoen (Afrika Selatan).

Melihat tiga lawan mereka, Meiliana/Greysia masih berpeluang untuk lolos, minimal dengan jadi runner-up. Kalau hal itu terwujud, mereka akan bertemu dengan wakil Grup A. Grup A dihuni Wang Xiaoli/Yu Yang (China), Jung Kyung Eun/Kim Ha Na (Korea Selatan), Valeri Sorokina/Nina Vislova (Rusia), dan Alex Bruce/Michelle Li (Kanada).

Nomor ganda campuran adalah nomor yang paling diharapkan Indonesia untuk menghasilkan medali emas. Di sini, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang jadi unggulan ketiga masuk Grup C bersama Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl (Denmark), Lee Yong Dae/Ha Jung Eun (Korea Selatan), dan Viju D/Jwala Gutta (India).

Kalau bisa lolos, Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan wakil Grup A. Grup A diisi Zhang Nan/Zhao Yunlei (China), Alexandr Nikolaenko/Valeri Sorokina (Rusia), Michael Fuchs/Birgit Michels (Jerman), dan Chris Adcock/Imogen Bankier (Inggris Raya).

Sementara itu, di nomor tunggal putra, Simon Santoso dan Taufik Hidayat berpotensi menghadapi lawan berat di babak 16 besar. Mereka bisa saja bertemu Lee Chong Wei dan Lin Dan.


Via: Ini Dia Hasil Undian Pebulutangkis Indonesia di Olimpiade

No comments:

Post a Comment