Sunday, September 23, 2012

Balapan Malam yang Banyak Insiden


Getty Images/Robert Cianflone

Singapura - Balapan malam GP Singapura menyuguhkan tontonan yang menarik karena banyak insiden yang terjadi sepanjang lomba. Jet-jet darat itu baru berhenti setelah dua jam penuh.

Pada balapan yang berlangsung Minggu (23/9/2012) malam, disaksikan langsung detiksport di sirkuit Marina Bay -- atas kerja sama dengan Telkomsel --, Sebastian Vettel tampil sebagai juara, sekaligus menambahkan kemenangannya di musim ini menjadi dua kali.

Jenson Button dari McLaren menyusul Vettel sebagai runner-up, sedangkan juara dua kali di Singapura, Fernando Alonso dari Ferrari, menjadi juara ketiga.

Balapan dimulai dengan sedikit suasana kacau ketika terjadi penumpukan mobil di tikungan pertama. Vitaly Petrov kehilangan sayap depannya karena bersenggolan dengan mobil rekan setimnya sendiri, Heiki Kovalainen. Felipe Massa cepat masuk pitstop karena ban kiri belakangnya pecah.

Lewis Hamilton berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemegang pole position. Vettel dan Button berhasil menyodok posisi Pastor Maldonado yang harus turun dua peringkat. Alonso menguntit di posisi kelima.

Sampai lap ketujuh tidak ada insiden, tapi tidak ada pula salip-menyalip lagi. Karakter sirkuit jalanan yang memang tak lebar memang sulit memungkinkan terjadinya salip-menyalip.

Di lap 16 sebagian besar pebalap sudah melakukan pitstop pertamanya dengan memakai soft tyre. Vettel semakin merapatkan jaraknya dengan Hamilton. Dalam tiga lap terakhir kecepatannya bertambah, tinggal terpaut dua detik dari rivalnya itu.

Button masih berada di posisi ketiga, mencoba melepaskan tekanan dari Maldonado. Sementara itu Alonso mulai tampak "panas" dan mencatat lap tercepat di putaran ke-22.

Nasib sial dialami Hamilton. Di lap 23 ia mengalami masalah teknis. Mobilnya mengeluarkan sedikit asap, kemudian melambat sampai kemudian out! Hasil ini membuat dia kehilangan poin untuk mendekatkan posisinya dengan Alonso di puncak klasemen.

Vettel pun di depan, Button nomor dua, sedangkan waktu sudah satu jam di lap 29. Di belakang mereka bertarung Nico Rosberg, Romain Grosjean, Maldonado dan Alonso. Di antara mereka hanya terpaut dua detik.

Di lap 33 Narain Karthikeyan menabrak dinding pembatas, suspensi depannya patah. Safety Car masuk. Sejumlah pebalap memanfaatkan momen itu untuk masuk pitstop. Posisi di depan: Vettel, Button, Alonso, Di Resta, Nuelkenberg, dan Mark Webber.

Di sini Maldonado mengalami kesialan. Pitstop membuatnya turun ke posisi 10, dan tak lama kemudian ada masalah pada sistem hidroliknya. Tim menyuruhnya bersiap-siap masuk garasi.

Setelah lima lap di lintasan, SC keluar. Tapi satu putaran berikutnya terjadi insiden. Michael Schumacher menghantam Jean Eric Vergne menjelang sebuah tikungan. Kedua mobil terlibat tabrakan cukup hebat. Schumi bisa keluar lebih dulu dari mobilnya, lalu ia menunggu Vergne. Pebalap Toro Rossi itu pun keluar dengan selamat, lalu mereka saling menepuk bahu. Tidak terlihat ada kekecewaan dari Vergne walaupun ditabrak Schumi. Safety Car pun sudah di lintasan lagi.

Button hampir menabrak Vettel saat Safety Car masih beredar. Ia sempat mengeluh pada timnya bahwa Vettel mengerem mendadak.

Selepas putaran ke-40 balapan berlangsung lebih dramatis. Felipe Massa melakukan manuver dramatis tapi berbahaya saat mencoba melewati Bruno Senna. Keduanya sempat bersenggolan, yang membuat Senna sedikit tercecer ke samping kanan. Insiden itu lalu diselidiki steward.

Insiden terjadi lagi di lap 50. Sergio Perez mencoba mendahului Huelkenberg. Ia tak berhasil, dan sayap depannya malahan copot karena bersentuhan dengan Huelkenberg. Kamui Kobayashi terkena imbas dari insiden itu. Serpihan terlontar pula dari mobilnya.

Setelah itu tensi balapan sedikit mereda. Setiap mobil dalam posisi stabil di posisi masing-masing, sementara waktu mulai mendekati dua jam.

Akhirnya lomba memang tidak menyelesaikan 61 lap dari yang dijadwalkan. Lomba pun dinyatakan berakhir setelah mencapai batas maksimal waktu tersebut. Vettel tetap juara meskipun menyisakan dua putaran.

Hasil GP Singapura:
1. Vettel Red Bull-Renault 2h00:26.144
2. Button McLaren-Mercedes + 8.959
3. Alonso Ferrari + 15.227
4. Di Resta Force India-Mercedes + 19.063
5. Rosberg Mercedes + 34.759
6. Raikkonen Lotus-Renault + 35.700
7. Grosjean Lotus-Renault + 36.600
8. Massa Ferrari + 42.800
9. Ricciardo Toro Rosso-Ferrari + 45.800
10. Webber Red Bull-Renault + 47.100
11. Perez Sauber-Ferrari + 50.600
12. Glock Marussia-Cosworth + 1 lap
13. Kobayashi Sauber-Ferrari + 1 lap
14. Hulkenberg Force India-Mercedes + 1 lap
15. Pic Marussia-Cosworth + 1 lap (*)
16. Kovalainen Caterham-Renault + 1 lap
17. De la Rosa HRT-Cosworth + 1 lap
18. Senna Williams-Renault + 2 laps
19. Petrov Caterham-Renault + 2 laps

Not classified/retirements:

Vergne Toro Rosso-Ferrari 38
Schumacher Mercedes 38
Maldonado Williams-Renault 36
Karthikeyan HRT-Cosworth 30
Hamilton McLaren-Mercedes 22



Via: Balapan Malam yang Banyak Insiden

No comments:

Post a Comment