Sunday, September 9, 2012

Bujang Serindit Simbol Kemewahan PON


Pekanbaru - Layaknya sebuah perhelatan olahraga besar lainnya, Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau juga memiliki maskot. Bujang Serindit adalah maskot PON di Bumi Lancang Kuning.

Serindit merupakan sebuah spesies burung asli dari Provinsi Riau. Warnanya yang meriah menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi burung mungil yang masuk kategori paruh bengkok itu.

Warna hijau, merah, dan kuning yang mendominasi seluruh banner dan atribut PON juga diambil dari warna bulu burung serindit ini. Ketua Harian PB. PON, Syamsul Rizal, menyatakan bahwa warna-warna itu merupakan simbol kemewahan.

"Serindit juga menampilkan gambaran-gambaran mewah. Ada hijau, merah, kuning sebagai warna PON," terang Syamsul di sela-sela rangkaian acara tinjauan Wakil Presiden Boediono di venue-venue PON, Minggu (9/9/2012) siang.

"Pemilihan burung serindit (sebagai maskot) diusulkan oleh para budayawan kami, para tokoh tetua di sini, agar burung serindit menjadi maskot kita," tambahnya.



Tak hanya itu, serindit yang digambarkan mengenakan busana melayu dan memegang obor api yang menyala itu juga bertujuan untuk mengkampanyekan pelestarian burung yang kini sudah terancam punah itu.

"Pemilihan ini juga sebagai bentuk pengenalan burung serindit yang saat ini in danger karena hampir punah. Agar kami tidak menganggap enteng," tukas Syamsul.



Via: Bujang Serindit Simbol Kemewahan PON

No comments:

Post a Comment