Tuesday, September 18, 2012

Jateng Melaju ke Final Basket Putra dan Putri


Jakarta - Jawa Tengah memastikan mengirim dua wakilnya di final cabang basket setelah tim putra dan putri mengalahkan masing-masing lawannya di babak semifinal, di Hall A, Rumbai, Selasa (18/9). Tim Putra sukses mengalahkan Jawa Timur, sementara Tim Putri mengalahkan Jawa Barat.

Di putra, Jateng harus melalui perlawanan sengit tim basket Jatim sebelum akhirnya menang 82-72. Sejak kuarter pertama, Jateng dan Jatim saling kejar poin untuk memenangi fase awal.

Begitupun di kuarter dua, masing-masing tim terus memperagakan permainan cepat. Di kuarter kedua, Jatim unggul dengan skor tipis 40 - 36. Memasuki kuarter tiga, Jateng mulai panas dan mencoba mengambil alih permainan.

Di kuarter tiga ini, pertandingan berjalan ketat karena kedua tim saling mengungguli dengan kejar-kejaran skor. Terlihat, selisih poin tidak pernah lebih dari dua. Akhirnya, kuarter ketiga berakhir imbang dengan skor sama kuat 55-55.

Sedangkan kuarter terakhir, Jateng mengalami peningkatan permainan. Performa Respati Ragil dkk. tidak bisa diimbangi Jatim yang sering melakukan kesalahan. Jateng kerap unggul dalam tembakan tiga angka. Akhir pertandingan pun ditutup dengan skor 82 - 72 untuk keunggulan Jateng.

"Di kuarter keempat, kami coba main lebih sabar, tapi cepat. Dan, itu berhasil. Anak-anak juga lebih bisa tenang dibandingkan tim Jatim," kata pelatih Jateng, Efri Meldi, usai pertandingan.

Di babak final, Tim Putra Jateng akan berhadapan dengan Tim Putra Jawa Barat.

Sementara itu, Tim Putri Jateng sepertinya masih terlalu tangguh untuk menjadi lawan Jabar di semifinal. Tim Putri Jateng menang dengan skor 67 - 61.

Jateng terlihat dominan di empat kuarter pertandingan. Meski Jabar sempat mengimbangi di kuarter empat dengan mengejar ketertinggalan dari selisih 11 poin menjadi hanya enam poin.

Tapi, langkah itu sepertinya terlambat. Dengan hasil ini, dipastikan Tim Putri Jateng akan menantang Kalimantan Timur di partai final, Rabu (19/9/2012). Sedangkan, Tim Putri Jabar dan DKI Jakarta akan bertanding untuk memperebutkan perunggu.

DKI Jakarta Keok

Sementara itu, tim favorit sekaligus juara bertahan, Tim Putra DKI Jakarta, gagal melaju ke final setelah kalah dramatis dari Jawa Barat (Jabar) 83-88 di babak semifinal. Kekalahan ini membuat DKI Jakarta gagal mengirim wakilnya ke final karena sebelumnya tim putri juga kandas dikalahkan Kalimantan Timur 41-54.

Dalam pertandingan tadi, sejak kuarter pertama Jabar mampu unggul. DKI, yang terlihat tampil terbebani, berhasil dimanfaatkan Jabar yang bermain lepas. Jabar akhirnya unggul 26 -17 di akhir kuarter pertama.

Memasuki kuarter kedua, permainan Jabar masih konsisten. Sedangkan, DKI tampil masih belum lepas sehingga Januar kuntara dan kawan-kawan masih unggul di kuarter dua dengan 48 - 43. Begitupun, dikuarter tiga. DKI yang mencoba bangkit masih belum bisa mengungguli Jabar. Hasilnya di kuarter tiga, DKI tertinggal 65-70.

Pertandingan di kuarter empat berlangsung sengit. DKI mencoba mengejar poin. Kejar-kejaran skor pun terjadi di kuater ini. DKI untuk pertama kalinya bisa menyamakan kedudukan menjadi 83-83, tiga menit sebelum pertandingan berakhir.

Namun, Jabar yang tampil lebih tenang akhirnya bisa menutup pertandingan dengan skor 88 -83. "Dari teknik dan kualitas sebenarnya sama. Tapi, kami menang mental. Intinya jangan tampil beban. Main lepas saja," ujar pelatih Jabar, Ricky Gunawan.

Dengan kekalahan ini, DKI harus bertarung melawan Jawa Timur untuk perebutan perunggu, Rabu (19/9/2012). Sedangkann Jabar akan menantang Jawa Tengah di partai puncak. "Peluangnya 50-50 karena kedua tim sudah saling mengenal masing-masing karakter," ujar Ricky.



Via: Jateng Melaju ke Final Basket Putra dan Putri

No comments:

Post a Comment