Friday, December 7, 2012

Lolos Otomatis, Kubu Persibo Gembira

Selebrasi Juara Piala Indonesia 2012 - Persibo Bojonegoro (GOAL.com/Antara)
Antara

LIPUTAN HAMZAH ARFAH DARI BOJONEGORO
Usai diumumkan bakal langsung bermain di putaran grup babak penyisihan AFC Cup 2013, membuat jajaran pengurus dan manajemen Persibo Bojonegoro gembira. Hal itu dikarenakan sebelumnya kubu tim berjuluk Laskar Angling Dharma tersebut memprediksi, bakal lebih dulu menjalani laga play-off.

"Alhamdulillah, ini sebuah hal fantastis, karena Persibo langsung masuk ke babak utama. Kami akan main home tiga kali dan away tiga kali, pada babak penyisihan AFC Cup mendatang," ungkap CEO Persibo Bojonegoro Ferry Kodrat kepada GOAL.com Indonesia.

Ya, sesuai dengan drawing yang dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Persibo akan tergabung di Grup F bersama dengan wakil Myanmar Yangon United, tim asal Hongkong Sunray Cave JC Sun Hei, dan New Radiant Sports Club dari Maladewa. Pertandingan fase grup sendiri akan digeber mulai 5 dan 6 Maret 2013.

Untuk jadwalnya [babak penyisihan grup] menyusul, masih menunggu selesainya hasil pertandingan play-off yang belum rampung. Meski begitu, kami harus mencari home base alternatif, karena Stadion Letjen H Soemantri Bojonegoro belum mendapat rekomendasi dari AFC, terangnya.

Hal itu dikarenakan, saat ini di Bojonegoro belum ada hotel bintang lima untuk tempat menginap tim lawan, sebagaimana ketentuan yang ditetapkan AFC. Karenanya, Persibo kemungkinan bakal mengalihkan laga kandang ke kota Surabaya atau Solo.

"Kemungkinan besar ke Solo, karena kalau ke Surabaya takut terjadi apa-apa dengan suporter kita. Soalnya, kalau ke Surabaya kan pasti melewati Lamongan," sahut local media officer (LMO) Persibo Bojonegoro Imam Nurcahyo.

Suporter Persibo yang berjuluk Boromania, memang dikenal kurang memiliki hubungan yang harmonis dengan para pendukung Persela Lamongan alias LA Mania. Padahal, dua kota ini sendiri bertetangga.

Munculnya Persibo di babak utama penyisihan grup langsung, setelah Australia memutuskan tidak berpartisipasi di ajang AFC Cup musim ini. Sementara Indonesia, hanya kebagian jatah AFC Cup dan tidak ada satu pun klub yang bertanding di Liga Champion Asia (LCA). Itu dikarenakan, skor yang dimiliki Indonesia masih sangat rendah, sehingga belum memadai untuk ambil bagian di LCA musim ini.

Persibo sendiri bergerak cepat begitu dipastikan berhak tampil di AFC Cup musim ini. Tim juara Piala Indonesia 2012 ini sudah melakukan seleksi pemain lokal, dan kemungkinan dalam waktu dekat akan segera membentuk kerangka tim, termasuk mendatangkan para legiun asing.

Seleksi pemain menjadi langkah utama, tujuh pemain inti Persibo memilih pindah ke klub lain. Mereka adalah M Nur Iskandar, Jajang Paliama, Aang Suparman, Novan Setya Sasongko, Dian Irawan, dan kiper Fauzi Toldo. Sementara satu nama terakhir yang menyusul hengkang ialah Samsul Arif, yang memilih berlabuh ke Persela.

"Sebenarnya, seleksi pemain dan penentuan kerangka tim bukan hanya menyangkut AFC Cup saja. Melainkan juga sebagai persiapan kompetisi (Indonesia Primer League) musim depan, yang kick off-nya sudah diputuskan pada 9 Februari 2013," pungkas Imam. (gk-43)

Pembagian Grup AFC Cup Wakil Indonesia:

Grup F
Persibo Bojonegoro (Indonesia)
Yangon United (Myanmar)
Sunray Cave JC Sun Hei (Hongkong)
New Radiant Sports Club (Maladewa)

Grup E
Semen Padang (Indonesia)
Kitche (Hongkong)
Singapore Armed Force (Singapura)
Churcil Broter (India)



Via: Lolos Otomatis, Kubu Persibo Gembira

No comments:

Post a Comment