Saturday, December 8, 2012

Pemilik Saham Arsenal Kembali Pimpin Federasi Anggar Internasional


Konstantin Zavrazhin/Gety Images

Moskow - Fans klub sepakbola Arsenal tentu tidak asing dengan nama Alisher Usmanov. Orang Rusia terkaya itu kembali terpilih sebagai presiden Federasi Anggar Internasional periode 2012-2018.

Dilansir Reuters, pada pemilihan yang berlangsung di Moskow, Sabtu (8/12/2012), Usmanov tak punya lawan dalam pemilihan sehingga kembali ditetapkan sebagai orang nomor satu di Federation Internationale d'Escrime (FIE) -- dalam bahasa Inggris International Fencing Federation.

Konglomerat 59 tahun itu pertama kali terpilih memimpin organisasi tersebut pada Desember 2008. Kala itu ia mengalahkan Rene Roch di Paris, sekaligus mengakhiri rezim 15 tahun pria Prancis itu di FIE.

Usmanov membangun kerajaan bisnisnya di bidang pertambangan dan tekonologi. Menurut majalah bisnis Forbes ia tercatat sebagai orang terkaya nomor 28 di dunia. Versi Bloomberg per Desember 2012, ia ada di urutan ke-39 dengan nilai kekayaan sekitar 17,3 miliar dolar atau Rp 166 triliun.

Usmanov mulai bermain di ranah sepakbola ketika membeli 14,58% saham kub Inggris, Arsenal FC, pada Agustus 2007. Saham yang sekarang jumlahnya hampir 30% itu dimiliki Usmanov bersama rekan bisnisnya, seorang pengusaha Inggris berdarah Iran, Farhad Moshiri, dalam perusahaan Red & White Securities.





Via: Pemilik Saham Arsenal Kembali Pimpin Federasi Anggar Internasional

No comments:

Post a Comment