Friday, December 14, 2012

Mampukah Persela Menang Besar Atas Persipura?

Gomes de Oliviera - Persela Lamongan (GOAL.com/Hamzah Arfah)
Hamzah Arfah

LIPUTAN HAMZAH ARFAH DARI LAMONGAN
Secara hitungan di atas kertas, peluang Persela Lamongan untuk lolos ke babak semi-final turnamen pramusim Inter Island Cup (IIC) 2012 belum tertutup rapat. Meski perjuangan yang dibutuhkan tidaklah mudah, karena selain harus menang dengan skor besar, lawan yang bakal dihadapi adalah Persipura Jayapura.

Laga sendiri masih akan dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan Malang, Rabu (12/12) sore WIB. Tim berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut saat ini masih mengemas satu poin, hasil imbang 0-0 lawan Persiwa Wamena. Sementara Persipura mendapat torehan total empat poin, hasil dari sekali imbang dan sekali menang.

Persela sendiri mencatat statistik yang kurang membanggakan, kebobolan tiga gol dan belum mencetak gol sama sekali. Parahnya, Laskar Joko Tingkir dianggap sebagai target empuk bagi Persipura, yang membutuhkan banyak gol untuk bersaing dengan Arema dalam memperebutkan satu tiket lolos ke babak semi-final.

Lini depan Persela memang masih bermasalah, walau sudah ada nama mumpuni macam Samsul Arif dan Mario Costas. Tim arahan Gomes de Oliviera masih belum membobol jala lawan, di dua pertandingan IIC 2012 sebelumnya. Kesempatan mengalahkan Persiwa Wamena di laga sebelumnya babak penyisihan Grup C, juga tak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh kubu Persela.

"Kami belum bisa mencetak gol dan itu menjadi salah satu problem. Jujur tim ini belum maksimal, jika melihat hasil di lapangan. Untuk pertandingan lawan Persipura, kami tetap komitmen untuk memperbaiki permainan, terutama mencetak gol. Persela masih jauh dari sempurna, dan butuh banyak kerja keras lagi, ungkap Gomes saat dikonfirmasi GOAL.com Indonesia.

Tidak meratanya pengalaman di skuat Persela, dianggap sebagai salah satu biang sulitnya tim ini menjalin organisasi. Misalnya, Gustavo Lopez yang tidak mendapatkan dukungan penuh di lapangan tengah, atau duet Roman Golian-Jayusman Triasdi yang masih terlihat kurang kokoh di sentral pertahanan. Namun, Gomes tidak melihat itu sebagai alasan, karena dia percaya pemain yang ada di tim Persela saat ini memiliki kemampuan.

''Kami kesulitan menghadapi Arema. Sekarang kami coba menghadapi tekanan yang sama berat [lawan Persipura], dan semoga semua berjalan lebih baik, harapnya.

Persipura memang sangat diunggulkan di laga ini, apalagi mereka masih menyimpan striker Boaz Solossa, yang tidak dilibatkan kala menahan Arema. Kreativitas Persipura kemungkinan masih terpusat pada sosok Zah Rahan dan Ferdinand Pahabol, yang memiliki kemampuan olah bola mumpuni.

Dari dua pertandingan IIC 2012, Persipura sudah kelihatan menjadi tim yang sangat matang, baik secara mental maupun permainan. Itu bisa dimaklumi, karena tim yang sementara tak didampingi pelatih kepala Jacksen F. Tiago ini sudah lama menjadi satu-kesatuan. Bahkan Persipura selama sebulan penuh sudah menjalani training centre (TC) di Malang.

Alhasil, situasinya bisa saja terbalik, di mana Persela yang akhirnya menjadi lumbung gol bagi Persipura, guna bersaing dengan Arema untuk memperebutkan satu jatah tiket ke babak semi-final IIC 2012. (gk-43)
Via: Mampukah Persela Menang Besar Atas Persipura?

No comments:

Post a Comment