Sunday, December 16, 2012

Motivasi Tinggi, Kunci Kemenangan Persisam

Muhammad Roby - Persisam & Firman Utina - Persib (GOAL.com/Guntur Nugroho)
Guntur Nugroho
Kemenangan mengejutkan dari Persisam di semifinal Inter Island Cup (IIC). Dalam laga di Stadion Manahan, Solo, Minggu (16/12), Persisam menaklukkan tim unggulan Persib 2-0. Kemenangan itu meloloskan Persisam yang sesungguhnya tak diperhitungkan ke final turnamen pramusim Indonesia Super League (ISL).

Pelatih Sartono Anwar mengungkapkan kunci keberhasilan Persisam terletak pada motivasi tinggi pemain untuk mengalahkan lawannya. Selain itu, faktor keberuntungan memang menaungi Persisam. Menurutnya di babak pertama, Persisam seharusnya sudah tertinggal dua gol. Persib memiliki beberapa peluang yang bisa membuahkan gol.

"Di babak pertama, kami bermain buruk dan melakukan banyak kesalahan. Persiba seharusnya bisa unggul dua gol. Namun, mereka gagal memanfaatkan peluang," ujar Sartono.

Ditambahkannya, "Sebaliknya, di babak kedua penampilan kami bisa lebih baik, terutama setelah dilakukan dua pergantian pemain. Saya malah tidak menyangka bisa bangkit. Permainan Persib justru menurun di babak itu sehingga kami bisa mencetak gol.

Menurut Sartono, dia memang memotivasi pemain untuk tidak takut. Suntikan motivasi itu yang membangkitkan semangat pemain Persisam. Tak heran bila pemain mudanya tampil dengan semangat tinggi.

"Kenapa harus takut. Bila takut jangan bermain bola. Jangan takut kalah atau salah. Ini membuat pemain pantang menyerah," tandasnya.

Dalam pertandingan itu, gol-gol Persisam diciptakan pemain asing. Diawali oleh gol Aldair Makatindu di menit ke-55. Selanjutnya, Kone Lancing memantapkan keunggulan Persisam di menit ke-75. (gk-51)


Via: Motivasi Tinggi, Kunci Kemenangan Persisam

No comments:

Post a Comment