Monday, November 12, 2012

Djokovic Ungguli Federer 3-2 di Tahun 2012


Getty Images/Julian Finney

London - Novak Djokovic menjuarai ATP World Tour Finals 2012 usai menundukkan Roger Federer. Ini merupakan kemenangan ketiga Djokovic atas Federer dari lima pertemuan kedua petenis tahun ini.

Di O2 Arena, Selasa (13/11/2012) pagi WIB, Djokovic sang petenis putra terbaik dunia mengatasi Federer si petenis peringkat dua dunia dengan kemenangan 7-6(6) dan 7-5. Dicatat Fox News, duel ini merupakan pertemuan kelima mereka tahun ini.

Pertemuan pertama tahun ini terjadi di semifinal Roma Masters, dengan kemenangan jadi milik Djokovic. Di semifinal Prancis Terbuka, keduanya berhadapan lagi dengan Federer kembali kalah.

Duel keduanya lantas terjadi lagi di babak semifinal, kali ini di Wimbledon. Federer saat itu berhasil menundukkan Djokovic sekaligus menipiskan ketinggalan.

Di final Cincinnati Masters, pertemuan keempatnya dengan Djokovic di 2012, Federer berhasil menyamakan kedudukan jadi 2-2. Sampai akhirnya Djokovic menutup tahun 2012 dengan kemenangan ketiganya atas Federer tahun ini.

Hasil itu sendiri membuat Federer, yang sudah menjadi pemenang terbanyak ATP World Tour Finals, kembali gagal meraih gelar selama tiga kali secara beruntun di ajang tersebut.

Di ATP World Tour Finals--yang dulu dikenal dengan nama Masters Cup--Federer sudah meraih enam gelar juara, yakni pada tahun 2003, 2004, 2006, 2007, 2010, dan 2011.

Jumlah tersebut adalah yang terbanyak di antara petenis-petenis elit lain yang sudah pernah meraih gelar juara di ajang itu lebih dari sekali, seperti Ivan Lendl dan Pete Sampras (5 kali), Ilie Nastase (4 kali), Boris Becker dan John McEnroe (3 kali), dan Bjorn Borg dan Lleyton Hewitt (2 kali).

Namun demikian, sejauh ini Federer belum bisa menyamai sebuah torehan Lendl dan Nastase; keduanya tercatat sebagai petenis yang bisa merangkaikan gelar selama tiga tahun beruntun.

Kesempatan pertama Federer meraih gelar juara ketiga secara beruntun hadir pada tahun 2005, setelah sebelumnya jadi juara pada 2003 dan 2004, saat ia berhasil maju ke final dan berhadapan dengan David Nalbandian. Federer kalah.

Peluang terbaik kedua lalu hadir kali ini, saat ia kembali bisa lolos ke partai puncak ATP World Tour Finals, setelah memenangi ajang itu pada tahun 2010 dan 2011. Tapi lagi-lagi Federer, yang mengoleksi satu gelar Grand Slam di tahun ini, belum bisa menyamai torehan Lendl dan Nastase karena kalah dari Djokovic.

Untuk Djokovic, yang tahun ini juga menggondol satu gelar Grand Slam, hasil itu merupakan kemenangan keduanya di ATP World Tour Finals setelah sebelumnya meraih gelar yang sama pada tahun 2008.

Artinya, Djokovic kini bukan cuma menyamai raihan Borg dan Hewitt sebagai peraih dua gelar juara di ajang ini, tetapi gantian memiliki misi untuk mencatatkan "hat-trick" di ATP World Tour Finals, tentu saja jika bisa menang tahun depan.




Via: Djokovic Ungguli Federer 3-2 di Tahun 2012

No comments:

Post a Comment