Tuesday, November 20, 2012

Soal Apparel, Gresik United Gandeng Joma

Gresik United (GOAL.com/Hamzah Arfah)
Hamzah Arfah

LIPUTAN HAMZAH DARI GRESIK
Walau agak terlambat dibanding dengan para kontestan Indonesia Super League (ISL) lainnya, namun Gresik United akhirnya menjalin kerjasama dengan sponsor apparel.

Manajemen tim berjuluk Laskar Joko Samudro itu menyatakan, bila pihaknya telah menjalin kerjasama soal apparel tim dengan perusahaan olahraga, Joma.

Perusahaan olahraga ini sendiri merupakan perusahaan apparel asal negeri matador Spanyol, yang didirikan Fructuoso Lpez pada 1965. Manajemen Gresik United mengklaim, jika mereka sukses menjalin kerjasama dengan Joma selama dua musim, dengan total pembiayaan mencapai sekitar Rp2 miliar.

"Semua sudah beres, kami sudah tandatangan. Joma Indonesia akan bekerjasama dengan Gresik United selama dua musim, dengan nilai mencapai Rp2 miliar," ujar Kuasa Direktur PT Persegres Jaka Samudra Soesanto Tjahjo Kristiono kepada GOAL.com Indonesia.

Nantinya, kerjasama antara Joma dengan Gresik United akan berupa penyediaan kostum bertanding, kaos latihan, kaos, jaket, seragam latihan, ransel, tas pemain, kaos kaki dan perlengkapan pendukung lainnya.

Joma sendiri telah mensponsori beberapa klub sepakbola profesional di berbagai negara. Beberapa klub profesional yang disponsori di antaranya Valencia dan Getafe di kancah LA Liga Spanyol, serta Fiorentina di pentas Serie A Liga Italia. Sedangkan di kompetisi Nasional, Joma pernah menjadi apparel bagi Persib Bandung, dan kini disebut-sebut menjalin kerjasama dengan Pelita Bandung Raya dan Persepam Madura United (P-MU).

Selain perusahaan perlengkapan olahraga, beberapa perusahaan di Gresik juga mulai turut andil dalam mensponsori tim kebanggaan Ultrasmania tersebut di antaranya, Sadikun dan PT Dewata Bangun Tirta. Meski begitu, Anton-sapaan akrab dari Soesanto Tjahjo Kristiono berharap, perusahaan-perusahaan lain khususnya yang ada di Gresik, juga bersedia mengikuti langkah ketiga perusahaan tersebut untuk membantu pendanaan Gresik United musim ini.

Sejauh ini, keuangan klub baru disokong oleh investor tunggal, yakni PT Hidup Makmur Sejahtera Sentosa Holding Grup (HMSSHG), sebuah grup perusahaan multi bisnis. Grup perusahaan tersebut mendanai sepenuhnya persiapan Gresik United dalam pembentukan tim, mulai perekrutan pelatih sampai dengan pemain.

Jauh hari sebelumnya, tim Persepam Madura United (P-MU) lebih dulu menginformasikan, jika timnya sudah menggandeng Joma sebagai sponsor perlengkapan mereka. Menurut manajer Persepam Achsanul Qosasi, Joma sudah siap memenuhi kebutuhan perlengkapan timnya pada musim ini, dengan nilai kerjasama mencapai Rp1,8 miliar.

"Soal sponsor, Persepam sudah sejajar dengan klub-klub besar Eropa seperti Valencia, Fiorentina dan Getafe. Ini merupakan kemajuan besar dunia sepakbola di Pulau Madura. Saat ini, tinggal menyesuaikan posisi tulisan Joma di kostum dan beberapa perlengkapan lainnya," tutur Achsanul Qosasi.

Dengan jalinan sponsorship tersebut, kondisi keuangan Persepam dan Gresik United juga dipastikan akan lebih baik, mengingat selama perjalanan kompetisi Divisi Utama tahun sebelumnya, Persepam MU menjadi salah satu tim yang tidak bermasalah dengan kondisi keuangan dan tidak mempunyai track record tunggakan gaji pemain dan pelatih.

"Kita sudah cukup teruji, dengan tidak menggunakan dana dari APBD. Bergabungnya Joma membuat keuangan kami kian kuat," pungkasnya. (gk-43)


Via: Soal Apparel, Gresik United Gandeng Joma

No comments:

Post a Comment