Thursday, November 15, 2012

REVIEW Liga-Liga Eropa Lainnya: 10-13 November 2012

Hibernian's Brian Kerr , Hearts - Hibernian ,Clydesdale Bank Premier League(PA)


OLEH DEFANIE ARIANTI Ikuti di twitter
Konsistensi performa mampu membawa sebuah klub merangkak naik ataupun tersungkur di papan klasemen. Hal itu terbukti menyusul terjadinya pergeseran posisi klub-klub raksasa di sejumlah liga Eropa pekan ini.

Celtic yang sebelumnya digdaya di gelaran Liga Primer Skotlandia harus merelakan puncak klasemen direbut oleh Hibernian, setelah klub yang membungkam Barcelona di Liga Champions tengah pekan lalu kembali menelan hasil imbang.

Begitu juga Anzhi Makhachkala yang kehilangan posisi runner-up Liga Primer Rusia menyusul hasil imbang kala menghadapi Lokomotiv Moskwa. Zenit St Petersburg terus meraih hasil positif dan mengambil alih posisi runner-up dan membayangi pemuncak klasemen CSKA Moskwa.

Namun, bagi klub-klub seperti Olympiakos Piraeus (Yunani) dan Shakhtar Donetsk (Ukraina), posisi mereka di puncak klasemen masih aman berkat konsistensi performa. Sementara, persaingan ketat terjadi di Super Lig Turki dan Primeira Liga Portugal di mana peringkat dua besar mengoleksi nilai sama.

Inilah rangkuman hasil liga-liga Eropa sepanjang akhir pekan lalu:

Primeira Liga Portugal



Tidak ada perubahan pada peringkat tiga besar Primeira Liga Portugal, di mana Porto dan Benfica masih berbagi puncak klasemen dengan raihan nilai 23. James Rodriguez kembali menyumbangkan gol dalam kemenangan 2-1 Porto atas Academica. Sedangkan Benfica meraih tambahan tiga angka berkat kemenangan tipis 1-0 atas Rio Ave. Sementara itu, Sporting Braga bertahan di posisi tiga usai dibungkam 1-0 oleh Sporting Lisbon lewat gol tunggal Ricky van Wolfswinkel.


TIGA BESAR P M S K SG Poin
Porto 9 7 2 0 18 23
Benfica 9 7 2 0 17 23
Sporting Braga 9 5 2 2 8 17
Primeira Liga Portugal
Klasemen Selengkapnya Primeira Liga Portugal
Jadwal & Hasil Primeira Liga Portugal

Sper Lig Turki

Persaingan ketat Galatasaray dan Antalyaspor berlanjut di Matchday 11 Super Lig Turki. Kendati ditahan 1-1 oleh Mersin Idmanyurdu, Galatasaray masih berhak menempati puncak klasemen berkat keunggulan selisih gol atas Antalyaspor yang juga bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Kasimpasa. Fenerbahce akhirnya berhasil menembus tiga besar usai memetik kemenangan 2-1 atas Orduspor untuk menyingkirkan Eskisehirspor yang takluk di tangan Sivasspor.


TIGA BESAR P M S K SG Poin
Galatasaray 11 6 4 1 12 22
Antalyaspor 11 7 1 3 7 22
Fenerbahce 11 5 4 2 5 19
Sper Lig Turki
Klasemen Selengkapnya Sper Lig Turki
Jadwal & Hasil Sper Lig Turki

Liga Primer Rusia



Zenit St Petersburg
menyalip Anzhi Makhachkala di peringkat runner-up Liga Primer Rusia berkat kemenangan dramatis 2-1 atas Volga Novgorod lewat gol telat Alexander Kerzhakov. Anzhi terpaksa turun peringkat meski mengoleksi nilai yang sama dengan Zenit. Sayang, klub besutan Guus Hiddink hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Lokomotiv Moskwa. Sementara itu, CSKA Moskwa masih menguasai puncak klasemen menyusul kemenangan 3-1 atas tuan rumah Kuban Krasnodar. Ahmed Musa menyumbangkan dua gol sebelum Rasmus Elm menambah pundi-pundi gol tim tamu.


TIGA BESAR P M S K SG Poin
CSKA Moskwa 15 12 0 3 14 36
Zenit St Petersburg 15 10 3 2 17 33
Anzhi Makhachkala 15 10 3 2 13 33
Liga Primer Rusia
Klasemen Selengkapnya Liga Primer Rusia
Jadwal & Hasil Liga Primer Rusia

Liga Primer Skotlandia

Rentetan hasil mengecewakan akhirnya memaksa Celtic turun peringkat dari puncak klasemen. Celtic kembali hanya memetik satu angka kala menjamu St Johnstone, di mana gol Nigel Hasselbaink membatalkan keunggulan tuan rumah lewat gol pembuka Anthony Watt. Hasil itu memastikan Hibernian mengambil alih tampuk kepemimpinan menyusul kemenangan 2-1 atas Dundee United. Inverness CT juga tergusur dari posisi tiga setelah ditahan 1-1 oleh Heart of Midlothian. Sementara, Aberdeen menggantikan posisi Inverness CT berkat kemenangan telak 4-1 atas St Mirren.


TIGA BESAR P M S K SG Poin
Hibernian 11 7 3 3 8 24
Celtic 12 6 4 2 10 22
Aberdeen 12 5 6 2 7 21
Liga Primer Skotlandia

Liga Super Yunani


Panionios
bertahan di peringkat tiga klasemen Liga Super Yunani kendati menelan kekalahan 1-0 dari Atromitos. Beruntung bagi Panionios, Asteras Tripolis yang menempati peringkat empat masih terpaut satu angka dari mereka. Olympiakos Piraeus dan PAOK kembali memetik kemenangan untuk mempertahankan posisi mereka di papan atas klasemen. Olympiakos menghancurkan AEK Athena dengan skor telak 4-0, di mana Kostas Mitroglou mencetak dua gol. Sedangkan PAOK memetik kemenangan 2-0 atas Platanias.


TIGA BESAR P M S K SG Poin
Olympiakos 10 9 1 0 21 28
PAOK 10 7 2 1 11 23
Panionios 10 6 0 4 0 18
Liga Super Yunani
Klasemen Selengkapnya Liga Super Yunani
Jadwal & Hasil Liga Super Yunani

Lain-Lain

Dominasi Shakhtar Donetsk di Liga Primer Ukraina belum terbantahkan setelah Mircea Lucescu membantai Metalurh Donetsk empat gol tanpa balas. Henrikh Mkhitaryan menyumbangkan dua gol dalam kemenangan itu, sementara Eduardo dan Alex Teixeira masing-masing mencetak satu gol. Dnipro Dnipropetrovsk dan Dynamo Kyiv juga masih bertahan di posisi tiga besar kendati Dnipro hanya bermain tanpa gol kontra Illichivets. Sedangkan Dynamo Kyiv berpesta gol atas tuan rumah Metalurh Zaporizhya dengan skor akhir 5-0.

Kemenangan telak 6-1 atas Club Brugge membawa Anderlecht memuncaki klasemen Liga Pro Belgia sekaligus menggusur Zulte-Waregem ke posisi dua, menyusul tambahan satu angka dari tamunya Mechelen setelah gol Mbaye Leye membatalkan keunggulan Nicklas Pedersen. Bukan hanya Anderlecht, peringkat tiga Racing Genk pun berpesta gol saat menumbangkan Raec Mons 5-1. Sempat tertinggal satu gol, Genk 'mengamuk' lewat dua gol Jelle Vossen dan Glynor Plet serta tambahan satu gol Julien Gorius.

Belum ada perubahan pada klasemen Liga Super Swiss yang menyusul liburnya kompetisi tersebut. Perhelatan liga akan kembali digulirkan akhir pekan nanti.




Via: REVIEW Liga-Liga Eropa Lainnya: 10-13 November 2012

No comments:

Post a Comment