Wednesday, November 21, 2012

INFO Negara Peserta AFF Suzuki Cup 2012: Indonesia

Fans Indonesia - AFF Suzuki Cup
Getty Images

OLEH DONNY AFRONI

Perbesar Peta
  • Nama Resmi:
    Republik Indonesia
  • Populasi:
    242 juta (data PBB 2011)
  • Ibukota:
    Jakarta
  • Luas:
    1.9 juta km2 (742,308 sq miles)
  • Bahasa utama:
    Indonesia, 300 bahasa daerah
  • Agama terbesar:
    Islam
  • Usia harapan hidup:
    68 tahun (pria), 72 tahun (wanita) (data PBB)
  • Mata uang:
    Rupiah
  • Ekspor utama:
    Oli dan gas, kayu lapis, tekstil, karet, minyak sawit
  • Pendapatan nasional per kapita:
    US $2,940 (bank Dunia, 2011)
  • Domain internet:
    .id
  • Kode hubungan internasional:
    +62


HIDANGAN TERLEZAT

Begitu banyak jenis makanan di Indonesia, dengan berbagai bahan dan rasa bergantung dari karakter dari masing-masing daerah. Tapi Sambal selalu digunakan untuk menambah rasa menarik untuk sebagian besar makanan. Ada tiga makanan populer di sebagian besar wilayah di Indonesia.

Opor

Dimasak dan direbus dalam santan. Opor paling umum bagi masyarakat Indonesia adalah opor ayam, meskipun ada bahan-bahan lainnya, seperti daging sapi, bebek, telur, atau tahu. Ini adalah makanan utama bagi kebanyakan orang di Indonesia saat merayakan hari libur keagamaan.

Sate

Daging yang dibumbui, ditusuk, dan dipanggang, disajikan dengan bumbu kacang atau kecap. Sate berbentuk potongan daging ayam, kambing, domba, sapi, atau ikan yang diiris berbentuk dadu. Presiden Amerika Serikat Barrack Obama suka makan sate ketika masih kanak-kanak di Jakarta. Cobalah varian lain seperti Sate Padang, dicelupkan ke dalam saus kuning yang terbuat dari tepung beras dicampur dengan kaldu jeroan pedas, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jinten, bubuk kari dan garam.

Nasi Goreng

Nasi yang hampir matang digoreng, dan lebih nikmat disantap saat panas. Nasi goreng umumnya disajikan sebagai hidangan sarapan, tapi bisa juga dimakan pada malam hari. Nasi goreng makanan yang paling mudah ditemukan di sebagian besar wilayah di Indonesia. Presiden Amerika Serikat Barrack Obama juga menikmati hidangan nasi goreng saat gala dinner ketika ia berkunjung ke Jakarta.

TEMPAT TERLARIS

Pulau Bali

Bali menyajikan pemandangan indah pantainya, kebudayaan dan kerajinan yang unik. Ada tiga pantai yang terkenal di pulau ini, yaitu Kuta, Sanur, and Nusa Dua. Sejumlah pesona Bali bisa dilihat di film 'Eat, Pray, Love' yang mengambil syuting di pulau ini.

Pulau Komodo

Terletak di Nusa Tenggara Timur, pulau ini mempunyai binatang langka asli Indonesia bernama Komodo. Komodo merupakan sejenis kadal raksasa yang masih tersisa di dunia, dan sering dianggap sebagai dinosaurus terakhir yang masih hidup di dunia.

Kepulauan Raja Ampat

Terletak di bagian ujung barat laut kepala burung pulau Papua. Raja Ampat merupakan gugusan kepulauan yang terdiri lebih dari 1.500 pulau kecil, karang, dan beting yang mengelilingi empat pulau utama. Berbagai jenis ikan hidup berkelompok di perairan lautnya. Ini merupakan taman laut terbesar di Indonesia.

Candi Borobudur

Borobudur merupakan obyek wisata tunggal di Indonesia yang paling sering dikunjungi, dan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Monumen terdiri dari enam platform persegi di atasnya oleh tiga platform melingkar, dan dihiasi dengan 2.672 ukiran timbul dan 504 patung Buddha. Sebuah kubah utama, terletak di pusat dari platform teratas, dikelilingi oleh 72 patung Buddha duduk di dalam stupa yang berlubang.






Via: INFO Negara Peserta AFF Suzuki Cup 2012: Indonesia

No comments:

Post a Comment