Friday, November 9, 2012

Menang Angka, Daud Yordan Pertahankan Gelar

Singapura - Daud 'Cino' Yordan berhasil mempertahankan sabuk juara dunia kelas bulu versi IBO. Bertarung melawan Choi Tseveenpurev di Marina Bay Sands, Singapura, Jumat (9/11/2012) malam WIB, Daud menang angka mutlak.

Sebelum pertarungan, Daud mengatakan bahwa dia akan berusaha secepat mungkin untuk mengkanvaskan lawan. Namun, pada kenyataannya, ia membutuhkan 12 ronde untuk mengalahkan Choi. Dengan usia yang sudah 41 tahun, Choi masih bisa menjaga ketahanan kendati Daud --dengan gaya tarungnya yang agresif-- berkali-kali melepaskan pukulan.

Di akhir pertarungan 12 ronde, juri akhirnya memutuskan Daud menang angka: 117-111, 119-110, 118-110.

Di ronde pertama, Daud yang mengandalkan kecepatannya langsung menghantam Choi dengan berbagai pukulan. Namun, Choi bertahan dengan mengandalkan double-cover. Pertarungan seperti ini masih berlanjut di ronde kedua, di mana Daud beberapa kali melancarkan pukulan ke wajah Choi dengan tangan kirinya. Beberapa pukulan sempat masuk, namun menjelang akhir ronde kedua, Choi membalas dengan beberapa hook.

Daud pun masih mendominasi serangan di ronde ketiga dan keempat. Namun, Choi dengan tenang menjaga jarak dan kembali melakukan double-cover. Daud yang agresif pun masih belum bisa mengkanvaskan sang lawan. Pun demikian di ronde kelima. Daud terus bertarung dengan jarak dekat. Tapi, Choi terus menjaga jarak. Satu menit menjelang ronde kelima berakhir, jab kiri dari Daud sempat mengenai wajah Choi. Tetapi, Choi masih bisa bertahan sampai akhirnya bel dibunyikan.

Agresivitas Daud masih terjaga di ronde keenam. Tapi, Choi beberapa kali sempat memanfaatkan kelemahan Daud dalam bertahan. Choi juga sempat memojokkan Daud di sisi ring. Tapi, Daud membalas. Beberapa kali pukulan bertubi-tubi cepat dari Daud mengenai badan dan wajah Choi.

Dua puluh sembilan detik sebelum ronde keenam berakhir, sebuah pukulan Daud kembali mengenai wajah Choi. Petinju asal Mongolia itu tampak mulai kewalahan. Daud kemudian melancarkan hook kanan dan mengenai Choi. Tapi, tak lama setelahnya ronde keenam berakhir.

Di ronde ketujuh, Choi sempat tertunduk ketika menerima pukulan Daud. Namun, ia langsung bangkit lagi. Masih seperti sejak ronde pertama, Choi masih melancarkan pukulan ke arah perut dan badan Daud.

Di awal ronde kesembilan, Daud berhasil memojokkan Choi di sudut ring. Namun, lagi-lagi Choi masih bisa bertahan dari kombinasi pukulan Daud. Lagi-lagi dia berhasil memojokkan Choi dengan serentetan pukulan cepat di ronde ke-10. Tetapi, lagi-lagi Choi bertahan dan kemudian diselamatkan bel.

Di ronde ke-11, lagi-lagi pukulan tangan kiri Daud masuk mengenai wajah Choi. Selanjutnya, Daud kembali melancarkan pukulan kombinasi, tetapi ketahanan Choi benar-benar teruji. Dia masih bisa bertahan.

Di ronde terakhir, Daud masih bisa melancarkan pukulan kombinasi kepada Choi, namun staminanya tampak sudah mulai berkurang. Choi sendiri sempat terjatuh, namun bukan lantaran terpukul, melainkan terpeleset. Beberapa pukulan Daud setelahnya kembali mendarat di badan Choi, tetapi ia tetap tidak bisa mengkanvaskan petinju asal Mongolia itu. Ronde ke-12 kemudian berakhir.

Kedua petinju kemudian berdiri berdampingan menunggu keputusan. Tangan Daud kemudian diangkat, dia dinyatakan menang dengan skor 117-111, 119-110, 118-110. Daud berhasil mempertahankan sabuk juaranya.



Via: Menang Angka, Daud Yordan Pertahankan Gelar

No comments:

Post a Comment