Saturday, November 3, 2012

Jamu Arema, Gresik United Janjikan Kejutan

Gresik United (GOAL.com/Hamzah Arfah)
Hamzah Arfah
Tak ingin kecolongan untuk kedua kalinya, pelatih kepala Suharno terus menggenjot skuat Gresik United, jelang leg kedua pertandingan uji coba menghadapi Arema di Stadion Petrokimia Gresik, Minggu (4/11) besok.

Mantan pelatih Persiwa Wamena ini mengaku, sudah mempersiapkan kejutan bagi Arema pada laga nanti. Ia pun menjelaskan, sudah mengantongi kekuatan dan kelemahan tim asuhan Rahmad Darmawan (RD) tersebut.

Ya, kita sudah tahu kelemahan dan kekuatan Arema. Mereka tim bagus, tapi bukan berarti tak memiliki kelemahan dan kita akan manfaatkan hal itu. Sekilas, kekuatan mereka memang berada satu level di atas kita, tapi kita harus optimis bisa meredam dan mampu mengalahkan mereka besok, ungkap Suharno kepada GOAL.com Indonesia.

Karena itu, para punggawa Gresik United terus melakukan pemulihan dan pemantapan kondisi fisik. Karena hal inilah, yang disinyalir oleh Suharno sebagai biang kekalahan timnya pada leg pertama di Kanjuruhan, pekan lalu.

Para pemain sudah terkuras tenaganya di babak kedua, pergantian juga tak jalan karena banyak pemain cedera. Arema sih enak, pemain cadangannya banyak dan kualitasnya tak berbeda dengan pemain inti, jelasnya.

Dalam sesi latihan beberapa hari ini, mantan pelatih Arema musim lalu ini langsung memimpin sendiri pemulihan fisik para pemain Gresik United. Menu latihan sendiri berupa sesi latihan fisik ringan, disertai game yang berlangsung selama 45 menit. Setelah itu, dilanjutkan sesi shooting ke arah gawang.

"Latihan sengaja saya gelar fisik dan game, agar kondisi anak-anak kembali dalam peak performance jelang latih tanding dengan Arema. Latihan seperti ini agar pemain kondisinya secara bertahap kembali bugar, setelah bertanding lawan Arema di Malang pekan lalu," terang Suharno.

Disinggung mengenai adanya beberapa pemain yang mengalami cedera jelang persahabatan lawan Arema kali ini. Suharno mengatakan, dirinya juga cukup pusing melakukan rotasi pemain. Sebab beberapa pemain kunci seperti Agus Indra Kurniawan, Park Chul Hyung, Khabib Syukron dan Gery Setya Nugraha, sebetulnya masih berada dalam tahap pemulihan.

"Kalau mencoba pemain muda bisa saja. Tapi hal itu terlalu riskan, karena tim yang akan dihadapi merupakan tim sarat pengalaman," paparnya.

Kendati demikian, lanjut Suharno, dirinya tetap optimistis bisa mengatasi Arema ISL. Pasalnya, akan ada perubahan strategi saat main di Gresik. "Nanti bakal ada perubahan strategi dari 4-5-1 menjadi 4-4-2," bisiknya.

Transformasi pola permainan tersebut, bisa jadi mengeksplorasi salah satu gelandang tim berjuluk Laskar Joko Samudro tersebut lebih ke depan. Ia akan dipasang menjadi tandem Aldo Barreto, tepatnya menjadi seorang striker murni. Lantas siapa pemain tersebut?

Ketika didesak mengenai pertanyaan ini, Suharno masih terlihat menutupinya. Lihat saja Minggu nanti. Meski saya pribadi mengharapkan, jika tandem Aldo di depan nantinya (saat kompetisi ISL berlangsung) adalah seorang striker, yang benar-benar striker murni, pungkasnya.

Untuk laga uji coba kedua lawan Arema Minggu nanti, nama Matsunaga Shohei seperti menjadi alternatif kuat pendamping Aldo di depan. Bisa jadi, ia akan menjadi starter, sementara Gerry Setya akan masuk mengantikan di sisa waktu pertandingan.

Sementara untuk mengarungi ketatnya kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2012/13, sampai kini pihak Gresik United masih terus memburu kepastian antara menggaet sosok Christian El Loco Gonzales atau Talaohu Abdul Musafri. Meski manajemen sampai saat ini, masih bungkam terkait hal tersebut. (gk-43)




Via: Jamu Arema, Gresik United Janjikan Kejutan

No comments:

Post a Comment