Sunday, November 4, 2012

Kemenangan Pertama Raikkonen Sejak Comeback


Reuters/Suhaib Salem

Abu Dhabi - Sempat dua tahun absen dari Formula 1, Kimi Raikkonen membuktikan dirinya belum kehilangan kecepatan. The Iceman langsung menang di musim pertamanya usai comeback dengan memenangi balapan GP Abu Dhabi.

Sebelum musim ini, kali terakhir Raikkonen berkompetisi di ajang F1 adalah pada tahun 2009. Tim yang dibelanya saat itu adalah Ferrari.

Musim ini, Raikkonen memutuskan comeback dan membela Lotus. Meski "cuma" mengendarai mobil Lotus, pebalap berkebangsaan Finlandia itu tetap kompetitif. Sebelum GP Abu Dhabi, dia sudah enam kali naik podium dan menduduki urutan ketiga klasemen sementara.

Puncak performa Raikkonen akhirnya tersaji dalam balapan sore-malam di Sirkuit Yas Marina, Minggu (4/11/2012). Start dari urutan kelima, dia sukses mengatasi tekanan dari Fernando Alonso dan finis paling awal.

Sebelum kemenangannya di Yas Marina, terakhir kali Raikkonen naik podium tertinggi adalah saat dia memenangi balapan GP Belgia, 30 Agustus 2009.

Yang tak kalah menarik dari lomba kali ini adalah performa Sebastian Vettel. Mengawali balapan dari pit, dia dengan sabar menyalip satu per satu mobil di depannya dan akhirnya naik podium ketiga.

Nasib sial tengah dialami Lewis Hamilton. Jagoan McLaren itu out dari balapan di lap ke-21, saat sedang ada di posisi tedepan.

Dengan hasil ini, Vettel masih memimpin klasemen dengan 255 poin. Alonso di urutan kedua dengan selisih 10 angka. Posisi ketiga ditempati Raikkonen, yang mengoleksi 198 poin.

Masih ada dua seri tersisa di musim ini, yakni GP Amerika Serikat (18/11) dan GP Brasil (25/11).

Jalannya balapan

Hamilton tak membuat kesalahan saat start dan mobilnya langsung melaju kencang. Sementara itu, Raikkonen memanfaatkan lambatnya start Mark Webber. Dia mengambil alih posisi kedua.

Masih di lap pertama, Webber kembali gagal mempertahankan posisinya. Dia disalip Alonso dan turun ke urutan kelima.

Vettel, yang mengawali balapan dari pit, perlahan-lahan menyalip lawan-lawannya. Di lap kedua, dia sudah ada di posisi ke-19.

Memasuki lap keempat, Hamilton masih memimpin. Dia diikuti oleh Raikkonen, Pastor Maldonado, Alonso, Webber, Jenson Button, dan Felipe Massa. Vettel di posisi ke-16.

Berselang satu lap, Vettel kembali memperbaiki posisinya. Dia di urutan ke-14 usai melewati Vitaly Petrov dan Timo Glock.

Di lap kesembilan Nico Rosberg dan Narain Karthikeyan terlibat kecelakaan. Kondisi keduanya baik-baik saja, tapi mereka tak bisa meneruskan balapan. Karena parahnya kecelakaan ini, safety car pun keluar.

Vettel masuk pit di lap ke-14. Dia mengganti ban dan sayap depan mobilnya yang rusak. Posisinya pun turun ke urutan ke-21. Di lap ke-18, posisinya sudah naik lagi ke urutan ke-17.

Kiprah Hamilton berakhir di lap ke-21. Mobilnya keluar dari lintasan dan masuk area rumput. Pimpinan lomba pun kini dipegang oleh Raikkonen.

Tak berselang lama, Alonso kembali menunjukkan manuver cantik. Dia melewati Maldonado untuk menguasai posisi kedua.

Di lap ke-24, Webber kena sial lagi. Bermaksud menyalip Maldonado, mobilnya malah menyenggol mobil Maldonado dan melintir. Posisinya pun melorot ke urutan ketujuh.

Sementara itu, posisi Vettel justru terus membaik. Di lap ke-28, dia ada di urutan ketujuh.

Alonso masuk pit di lap ke-29. Keluar pit, posisinya turun ke urutan ketujuh, tepat di belakang Vettel.

Tiga lap kemudian, Vettel dan Alonso sudah bersaing ketat. Alonso ada di posisi ketiga dan terus menguntit sang rival. Posisi terdepan masih dikuasai Raikkonen.

Vettel masuk pit lagi di lap ke-38. Alonso pun leluasa naik ke urutan kedua. Di belakangnya ada Button.

Webber out di lap berikutnya. Dia terlibat kecelakaan dengan Romain Grosjean. Grosjean juga tak bisa melanjutkan lomba. Safety car keluar lagi.

Balapan kembali normal di lap ke-43. Raikkonen masih memimpin, disusul Alonso, Button, dan Vettel.

Vettel tampak bekerja keras untuk melewati Button demi mendapatkan lebih banyak angka. Tapi, Button juga tak mau begitu saja mengalah dan sulit ditaklukkan. Hingga lap ke-50, posisi empat besar belum berubah.

Sementara itu, Alonso juga tak mau puas dengan urutan kedua. Dia berusaha mengejar Raikkonen. Jarak mereka berdua di lap ke-52 masih sekitar dua detik.

Di lap ke-52 juga, usaha Vettel untuk menyalip Button akhirnya berhasil. Dia melakukan manuver dari sisi luar di sebuah tikungan.

Hingga akhir lomba, tak ada lagi perubahan berarti. Raikkonen finis terdepan, disusul Alonso dan Vettel.



Via: Kemenangan Pertama Raikkonen Sejak Comeback

No comments:

Post a Comment