Sunday, November 4, 2012

Gresik United Sukses Lakukan Revans

Ultras, fans Gresik United (GOAL.com/Hamzah Arfah)
Hamzah Arfah
Kalah 3-1 dari Arema di pertandingan pertama uji coba, membuat skuat Gresik United begitu berambisi ingin membalasnya di leg kedua. Dan, harapan itu menjadi kenyataan, kala mereka sukses melakukan revans dengan memetik kemenangan 2-0 atas Arema, dalam partai uji coba kedua yang digelar di Stadion Petrokimia Gresik, Minggu (4/11).

Tampil di hadapan Ultrasmania, sebutan bagi pendukung Gresik United, skuat arahan Suharno tersebut tampil dalam tempo lamban. Peran Aldo Barreto yang menjadi striker tunggal, kurang begitu mendapat support dari lini kedua yang diisi oleh April Hadi, Matsunaga Shohei dan Gustavo Chena.

Hal yang sama juga diperagakan tim lawan, Arema. Meski keduanya mampu memperagakan jual-beli serangan, namun sampai dengan babak pertama berakhir, kedudukan sama kuat alias 0-0 masih menghias papan skor. Duet Alberto Beto Goncalves dan Keith Kayamba Gumbs, juga tidak mampu menerobos pertahanan Gresik United yang dikawal duet Sasa Zecevic dan Park Chul Hyung.

Babak kedua, baik Gresik United maupun Arema memasukan beberapa pemain baru. Gresik lantas memasukan Siswanto, Agus Indra Kurniawan dan Lan Bastian. Masuknya Siswanto yang menggantikan April Hadi, rupanya menambah daya gedor tim berjuluk Laskar Joko Samudro tersebut. Mantan winger Persib Bandung ini, kerap merepotkan barisan pertahanan Arema dengan akselerasinya.

Puncaknya, ia mempunyai andil besar bagi kemenangan tim kebanggaan Ultrasmania tersebut. Dua gol kemenangan Gresik United juga merupakan buah kecerdikan Siswanto. Gol pertama yang dihasilkan Aldo Barreto dari titik penalti menit ke-67, juga bermula dari tusukan Siswanto. Ia yang berusaha melakukan akselerasi ke kotak penalti, tiba-tiba dijatuhkan oleh bek Arema, Gilang Ginarsa.

Wasit Prasetya Hadi langsung menujuk titik putih. Keputusan ini sejatinya kontroversial, karena Siswanto dijatuhkan di luar garis. Akibatnya, pemain-pemain Arema melakukan protes keras dan sempat mendorong wasit. Namun, Prasetya tetap teguh pada pendiriannya dan menghadiahkan penalti buat Gresik United.

Aldo Barreto yang maju menjadi algojo, mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Ahmad Kurniawan yang masuk di babak kedua menggantikan Made Wardana di bawah mistar Arema, mampu ia kecoh. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan Gresik United.

Margin satu gol, rupanya membuat anak asuh Suharno tampil lebih semangat dan lebih trengginas. Hasilnya, Siswanto memperbesar kemenangan melalui golnya pada menit ke-82. Gol ini buah kecerdikan dari Siswanto, yang mencuri bola dari penguasaan bek Arema yang kurang antisipastif dalam membaca pergerakannya. Sampai dengan akhir laga skor pun tak berubah, tetap 2-0 untuk kemenangan Gresik United.

"Saya tidak melihat hasil sebenarnya, tapi saya senang dengan permainan yang ditampilkan anak-anak kali ini. Pemain mau bekerja keras dan tampil semangat. Babak pertama permainan tidak bagus, baru pada babak kedua permainan berkembang setelah masuknya Siswanto," jelas pelatih Gresik United Suharno, seusai pertandingan.

Ia pun bangga dengan pencapaian anak asuhnya kali ini. Menurut Suharno, meski hanya bertajuk uji coba, namun ini menandakan jika tim asuhannya juga mampu bersaing di Indonesia Super League (ISL) musim 2012/13.

Memang saya tekankan kepada anak-anak untuk tampil lepas, tak perlu memikirkan hasil, karena ini sifatnya uji coba. Tapi nyatanya, mereka mampu membuktikan di lapangan dan tidak terbebani. Meski begitu, saya tetap ingatkan kepada anak-anak untuk tidak cepat puas, karena sejatinya pencapaian adalah di ISL nanti, pungkasnya. (gk-43)

Susunan Pemain:

Gresik United:
Hari Prasetyo (gk), Sasa Zecevic, Park Chul Hyung/Lan Bastian (73), Wismoyo, Supandi, Dirga Lasut, Kacung KM, Gustavo Chena/Agus Indra Kurniawan (74), Matsunaga Shohei/Khabib Sukron (57), April Hadi/Siswanto (46), Aldo Barreto.

Arema:
Made Wardana/Ahmad Kurniawan (46); Beni Wahyudi, Gilang Ginarsa, Theiry Gattuesi, Al Farizi/Rochit (46), Egi Melgiansyah/Irsyad (69), Joko Sasongo/Hendro Siwanto (46), Dendi Santoso/Reza Mustofa (72), Keith Kayamba Gumbs, Qischil Gandrum/Sunarto (60), Alberto Goncalves.


Via: Gresik United Sukses Lakukan Revans

No comments:

Post a Comment

Post a Comment